Free Blooming Red Rose Cursors at www.totallyfreecursors.com
Free Blooming Red Rose Cursors at www.totallyfreecursors.com

Jumat, 10 Februari 2012

agar tidak gigi kuning

gigi kuning

cara nak memutihkan gigi yang kuning
Jawab:
Dear Azwan,
Pemutihan gigi atau bleaching adalah tindakan atau proses menghilangkan noda atau warna dengan memakai bahan kimiwai.
Bleaching koronal : proses yang dilakukan pada mahkota gigi yang sudah tak bersyaraf dengan bahan kimiawi, biasanya dengan kombinasi (tetapi tak selalu) panas. Bahan oksidasi, seperti larutan hidrogen peroxide 30 % biasanya sering digunakan.
Proses pemutihan gigi pada masa kini bisa dilakukan sendiri (home bleaching) atau oleh dokter gigi (chairside bleaching).
Kalau mau pakai yang dilakukan sendiri (at home bleaching), saya anjurkan konsultasi dulu dengan dokter gigi.
Catatan : Perlu kiranya dipahami bahwa memutihkan gigi jangan disalah artikan sebagai mengubah warna gigi dari kuning atau kelabu menjadi benar-benar putih.

Sebelum betul-betul ingin memutihkan gigi anda, ada baiknya juga memahami hal-hal berikut :
Saya menganggap persepsi tentang warna gigi ini perlu diluruskan dan karena itu saya ingin mengajak anda merenungkan hal-hal berikut. Pada hakekatnya Tuhan telah memberkati manusia dengan 2 perangkat gigi yang sehat dan indah dengan berbagai warna, dari yang putih seperti salju sampai yang agak kekuningan dengan berbagai kombinasi di antara dua warna ekstrim tsb.
Gigi ini akan tetap sehat dan bersih bila kita rajin membersihkannya serta menjaga agar tetap sehat. Dan perlu dipahami, warna gigi kita tidak mudah berubah, umpama dari putih tiba-tiba jadi kuning, kelabu dsb. Warna gigi sebetulnya bisa berubah bila gigi ini mengalami kecelakaan seperti kebentur/terpukul keras dan syarafnya sudah mati. Warna gigi juga dipengaruhi oleh kebiasaan makan/minum panganan yang warnanya pekat, seperti kopi, teh pekat atau kebiasaan merokok, mengunyah sirih dsb. Akibatnya permukaan gigi "ternodai" oleh lapisan tipis karang gigi yang ditinggalkan panganan tsb.
Bisa juga gigi berlubang dan dibiarkan sehingga lubangnya tambah besar sehingga emailnya jadi lapuk dan berubah jadi kehitaman, dsb dst. Yang lebih sering terjadi adalah gigi yang tadinya putih bersih, tapi jarang dibersihkan karena malas gosok gigi, permukaannya tertutupi plak gigi dan akhirnya bisa juga jadi karang gigi.
Nah, gigi seperti ini sudah kehilangan kecemerlangannya dan warnanya jadi kusam. Warna kusam ini dengan sendirinya menimbulkan kesan / pancaran gigi yang tidak putih lagi seperti asalnya.

Mau gigi jadi seperti semula ? Silahkan teliti dulu apa penyebabnya:
1. Bila kurang rajin gosok gigi, (maaf) ubahlah kebiasaan malas ini. Lalu, lihat hasilnya.
2. Bila giginya sudah berlubang, yaaaa.....musti ke dokter gigi dan minta diobati/ dirawat/ ditambal.
3. Bila sudah "kasep" (terlambat) kayaknya musti dicabut (apa boleh buat).
4. Bila mengharapkan gigi "pindah warna" rasanya akan kecewa sendiri.
5. Yang pasti : rajin membersihkan / gosok gigi, gigi akan tetap bersih dan sehat sehingga memberi penampian "kinclong" karena gigi ini bebas dari plak, apa lagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar