Free Blooming Red Rose Cursors at www.totallyfreecursors.com
Free Blooming Red Rose Cursors at www.totallyfreecursors.com

Jumat, 10 Februari 2012

cara mengobati gigi sensitif

gigi sensitif

bagaimana cara pengobatan gigisensitif
Jawab:
Dear Turrsinih,
Gigi bisa ngilu (sensitif) karena :
a) gigi ini mulai berlubang
b) gusi pada bagian leher gigi mulai menyusut sehingga leher gigi yang tadinya tertutup gusi, sekarang jadi terbuka dan bagian inilah yang terasa ngilu
c) permukaan kunyah gigi sudah mulai aus, sehingga bagian email pada bagian ini mulai terkikis. Bagian gigi yang tadinya terlindung email dan sekarang jadi terbuka karena emailnya menipis, jadi ngilu.

Bila gigi menjadi berlubang, kenali tanda-tandanya sehingga kita mudah mencari cara pengobatannya :
1. Mula-mula lubangnya kecil, kadang-kadang terlihat hanya sebagai bintik coklat / hitam di lekukan gigi dan hanya mengenai bagian email saja. Belum ada keluhan apa-apa.
2. Lubang membesar ke bagian dalam, yaitu dentin, biasanya sudah terlihat sebagai lubang gigi. Sekarang gigi mulai terasa ngilu pada saat minum dingin dan makan yang manis-manis. Segeralah ke dokter gigi untuk ditambal, agar tidak menjadi parah.
3. Bila hal ini dibiarkan, lubang akan menjalar sampai ke pulpa gigi dan mulai mengenai saraf gigi. Akibatnya, gigi mengalami peradangan syaraf gigi. Gigi terasa sakit sekali dan cekot-cekot berdenyut. Segeralah ke dokter gigi untuk dilakukan perawatan syaraf gigi dan kemudian ditambal,
4. Bila keadaan pada butir 3 ini dibiarkan juga, akhirnya gigi jadi mati, dan tidak terasa sakit lagi. Karena banyak timbunan sisa makanan dalam lubang ini dan sulit dibersihkan, lama-lama bisa terjadi infeksi dan akhirnya bengkak karena di dalam jaringan sekitar akar gigi ini terbentuk nanah
5. Nanah yang terbentuk ini biasanya berusaha mencari jalan keluar, dan karena jarak paling pendek adalah ke pipi atau langit-langit, maka terjadi benjolan kecil di daerah ini biasanya berwarna putih kecil dan akhirnya pecah.
6. Kalau hal ini dibiarkan bertahun-tahun, bila keadaan tubuh kita sehat, biasanya tubuh kita berusaha membatasi infeksi dan terbentuk kantung kecil yang menempel pada ujung akar gigi yang disebut granuloma.
7. Di tengah-tengah lubang gigi yang sdah besar dan mati itu juga tumbuh jarngan yang menonjol seperti daging, biasanya kalau kena makanan terasa sakit dan mudah berdarah. Tonjolan daging ini disebut pulpa polip.
8. Sementara itu, membiarkan terus hal ini akan membuat lubang gigi besar dan tambah lapuk sehingga akhirnya menjadi hancur. Dalam keadaan ini biasanya gigi sudah tidak bisa tertolong lagi dan harus dicabut.
9. Berbeda dengan bagian tubuh lain, bila gigi berlubang, lubang ini tidak akan menutup lagi dan akan membesar terus seperti uraian di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar